Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENEKAN ANGKA MORTALITAS /KEMATIAN ANAK KELINCI PADA MASA SAPIH

LAKUKAN INI AGAR ANGKA MORTALITAS KEMATIAN ANAK KELINCI PADA MASA SAPIH MENURUN

Ketika induk kelinci sudah beranak banyak, dan induk kelinci masa menyusui sudah ok, sudah mulai terbayang masa panen kedepannya. Tapi ketika sampai masa usia sapih, hancur sudah semuanya.. sore menjelang malam masih sehat pagi2 udah membujur kaku tak bernyawa



kandang outdoor

Kembali ke laptop!!!
pertama yang paling banyak  menimpa anakan kelinci sapihan itu adalah overfeeding/ kelebihan pakan, biasanya umur kelinci sapihan itu nafsu makannya berlebihan, peternaknya pun sangat senang sekali karena kelincinya aktif makan. 
Baca Juga : kesuksesan di industri kelinci

Pakan yang diberikan jadi berlebihan. Tapi sayangnya nafsu makan yang tinggi belum diimbangi dengan perkembangan hormonal dan enzim pencernaanya. 

Dan ujungnya jadi kembung keesokan harinya. Jadi solusinya adalah atur pola pakan, batasi pakan. Pakan sedikit lebih baik dari pada ternak kelinci  kenyang.

Kemudian penyapihan.
Pada saat penyapihan yang seharusnya dipindah kandangkan adalah indukannya bukan malah sebaliknya anakannya yang dipindah kandangkan. Yang seperti itu malah akan membuat anakan kelinci jadi stress.
Baca Juga : tips supaya beternak kelinci tidak memudar


Tapi ada kasus juga ketika masa penyapihan induk kelinci juga posisi hamil lagi, jadi tidak mungkin juga memindahkan induknya, memindahkan anakannya juga tidak mungkin, jadi solusi mereka adalah kandang sapih mandiri. 

Induk kelinci memiliki 3 plong kandang, kemudian diantara sekatnya diberi pintu, jadi ketika pintu dibuka anakan kelinci akn bermain main di kandang no 2, 

kita tutup pintu beri pakan dan air minum,ketika induk kelinci melahirkan anakan sapihanya sudah ada pada kandang no 2,. Ketika induk pada kandang memasuki masa sapih dilakukan seperti diats lagi, dan ketika anakan dikandang no 3 sudah siap.. 

sudak ok, hormone dan enzim emzim pencernaannya sudah ok maka baru kita pindah kandangkan ke kandang pembesaran.


Cara ini bisa menekan angka kematian anakan kelinci masa sapih sampai dibawah 3%.

kami kekurangan ide untuk menulis...yang masih ada kesulitan dikandang..yang belum dibahas  di blog ini..silahkan koment dimana post ini dishare..atau inbok kami.
Baca Juga : Induk kelinci terus menerus beranak