Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGETAHUAN DASAR TENTANG KEBUTUHAN NUTRISI TERNAK KELINCI

KEBUTUHAN NUTRISI TERNAK KELINCI

Ini mungkin yang paling ditunggu. Kita mulai dari yang paling dasar dulu.Ada pertanyaan seperti ini ? urine kelinci yang paling bagus itu seperti apa ? ada yang tahu ? 

jawabannnya ya yang paling berbau pesing, kalo baunya pesing berarti banyak amoniaknya. 

Rumus urine kelinci NH4OH >>>>>>>>>>>>> amoniumhidroksida.

Kalo Rumus UREA (NH2)2CO >>>>>>>>>>>>> NH3 + CO2.


Lha yang dibutuhkan tanaman itu ya N ini atau Nitrogen

Kalau pupuk SP36 >>>>>> Pupuk pospor dalam bentuk P2O5

Kalo NPK berarti  Nitrogen, Pospor, Kalium


  1. Nitrogen      :  pertumbuhan vegetative terutama nitrogen        
  2. Pospor        ;  Membantu pertumbuhan akar dan tunas        
  3. Kalium        :  Membantu pembungaan dan pembuahan
Kalo KCL >>>>> pupuk kalium klorida /tunggal. K 2O  >> 60 %

Kalo

ZA >>> zwavelzure amoniak yang berarti (ammonium sulfat)
(NH 4) 2SO 4  >>>>>> NH3 + H2SO4 (air aki)/ sulfat , 
S >> sulful / belerang 23 %

Kalo pupuk ZK >> pupuktunggal K 2O 50 %, yang ini saudaranya KCL, KCL kandungan K2O 60%
Baca Juga : Bolehkah kelinci makan nasi

 
Kita bahas urine kelinci sama urea saja. Urine kelinci NH 4OH >>>>>>>> NH3 + H 2O NH 3 (amoniak ) awal mulanya dari konsumsi protein pada ternak kelinci. 

NH 2 diproses dalam hati jadi urea darah akhirnya masuk ginjal masuk kantong kemih jadi NH 3. Kalo UREA  Rumusnya NH 2CONH 2 Dibuat dari NH 3 + CO 2


PENGETAHUAN DASAR TENTANG KEBUTUHAN NUTRISI TERNAK KELINCI
PROSES FORMULASI PAKAN KELINCI

NH 3 dibuat di pabrik dan diperoleh dari hasil sampingan gas alam. Dan CO 2 ( karbondioksida) pembakaran batubara, asapnya itu CO 2



Urine kelinci tadi NH 4OH (ammonium hidroksida) dan UREA (NH 2) 2CO Unsure hara yang dibutuhkan tanaman adalah N (nitrogen). 

N ini masuk kedalam unsure hara esensi, esensi artinya ( keberadaanya mutlak harus ada untuk kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan tanaman) dan disebut unsure hara makro. Dibutuhkan dalam jumlah banyak. 

Dan harus berkombinasi dengan O dan H menjadi senyawa NH3 - (nitrat) dan NH 4 + (ammonium).
Baca Juga : induk kelinci tidak punya rahim
Sebagian tanaman memang ada yang bisa langsung memanfaatkan N contohnya azzola. 

Sebetulnya ammonium (NH 4) / urine mentah bisa diserap langsung oleh tanaman, tapi kalo kebanyakan tanaman bisa keracunan, jaringan vascular pecah dan berakibat pada terhambatnya serapan air. 

Akhirnya tanaman itu kalo disiram urine mentah pasti layu dan akhirnya jadi kering. Kalo mau aman memang harus dirubah dulu menjadi NO 3 - ( nitrat), 


caranya ya difermentasi

 NH 3 +  H 2O >>>>>>>>>>>>>> NH4OH. 

(NH4 -dan (OH-) 2NH4 - + 3O2 >>>>>>bakteri nitrifikasi nitrosomonas>>>>> 2NO 2- + 2H 2O + 4H + 2NO 2 - + O 2 >>>>>> bakteri nitrifikasi nitribacter >>>> 2NO 3 - (nitrat)


Nah nitrat ini yang yang diserap akar tanaman. Yang dibutuhkan sebenarnya N tapi dalam bentuk NO 3 - (nitrat)  Kalo UREA.  

UREA inipun sebenarnya juga difermentasi sebelum diserapa akar tanaman, siapa yang memfermentasi ya bakteri tanah karena akar tidak bisa menyerap NH 3 dan CO 2  

Proses hidrolisis  (NH 2) 2CO + 2H 2O + H + >>>urease >> 2NH 2 + + HCO 3 - + H + 2NH 4 + (ammonium) HCO 3 - (bikarbonat) menaikkan PH tanah HCO 3 - + H + >>>>>> CO 2 + H 2O 2NH 2 + + 3O2 >>> nitosomonas>>>>>  2NO 2 - + 2H 2O + 4 H + 2NO 2 - 2O2 >>>> 2NO 3- (nitrat)sama denagna urine tadi


Biasanya kalo tanaman itu banyak mengandung atau cukup N, daunya itu hijau tua, artinya kadar klorofil daun sangat tinggi, kalo kekurangan N daunnya akan kuning / defisiensi N. 

klorofil membantu pembentukan gula sederhana dari unsure N, H, dan O, selanjutnya gula tersebut akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. 

Bisa dilihat rumus fotosintesis tanaman 6CO2 + 12H2O + energy cahaya >>>>>> 6(CH 2O) + 6O 2 + 6H 2O CH 2O inilah gula sederhana yang mana nati akan dibentuk tanaman menjadi protein nabati, lemak, karbohidrat, enzim-enzim.. 

yang akan kita gunakan untuk pemenuhan nutrisi kelinci kita, jadi selanjutnya dimohon lebih serius..  Kalo kemaren boleh sambil becanda..

Tapi setelah POST ini dan selanjutnya harus lebih serius. Karena kita akan membahas POS yang memakan biaya terbesar dalam budidaya kelinci ,70% dari total keseluruhan biaya yaitu  PAKAN..dan didalamnya ada ilmu nutrisi untuk ternak kelinci Jadi setelah ini dimohon untuk lebih serius lagi… 
Baca Juga : cara formulasi pelet kelinci dengan software winfeed