Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS DAN CARA MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI SKALA KECIL UNTUK KONSUMSI KANDANG SENDIRI

TIPS DAN CARA MEMBUAT PELET KELINCI SENDIRI SKALA KECIL  UNTUK KONSUMSI KANDANG SENDIRI

Hallo mblo..lagi binggung ya..? cari2 referensi tentang cara pembuatan pellet kelinci atau ente lagi susah cari rumput, susah cari rumput karena kagak ada atau ente yang males, atau ente lagi ngeluh tentang harga pellet kelinci yang super duper mahal, kalo gua pikir mah, harga pellet kelinci di pasaran standartlah…..rata – rata hampir sama, mahal itu dilihat dari sudut pandang yang kagak ada duit..wkwkw..haha becande gue….ane dulu juga gitu, bongkar2 mbah google cari referensi buat bikin pellet kelinci sendiri..

Oke , kita mau pakai bahan baku apa nih..
Ampas tahu sama bekatul doang juga bisa, tapi nanti formulasinya radak susah sih kalo cuman pakai 2 bahan aja, Tapi intinya bisa. Dan gak harus bikin pellet yang pakai mesin yang harga jutaan, kalo ada duit ngangur ya silahkan beli aje deh…tapi gak usah ngoyo, pakek acara ngutang duit ke BRI segala, pakai mesin cetak manual gilingan daging juga bisa, manual dulu ajalah pakai tangan, biar lengan kita juga makin berotot haha…..siapa yang pernah bikin pellet pakai alat ginian cung!!!!
Trus kita ke bahan baku pellet.
Bahan apa sih yang akan kita pakai,  ya tinggal dilist aja, bahan baku apa yang ada disekitar kita.
Contoh Bahan-bahan:

1.      Ampas Tahu 20%
2.      Bekatul (dedak Halus), Bungkil kedelai 30%
3.      Tepung Jagung (jugung giling yang sudah berupa tepung) 10%
4.      Brand polar 30%
5.      bungkil kedelai 10%
6.      molase
7.     dll

Alat pengilingan daging bisa dibeli di toko peralatan dapur disekitar daerah kalian mbloo…harga paling yang kecil sekitar 150-200 ribu. Pakan kelinci ini, bisa untuk kelinci pedaging dan kelinci hias dan bisa lebih murah dibanding dengan pabrikan. ( katanya sih, gua juga kagak ngitung haha)

Baca Juga : Cara mengatasi kelinci pilek tanpa obat


Cara buat pellet
1.       Campurkan semua bahan  dalam bak atau ember, kemudian tambahkan air agar basah dan jangan terlau lembek, komposisinya suka2 ente aje, yang pentingkan jadi pellet atau ngikuti presentase diatas.
2.       Masukkan adonan pellet, trus giling deh pakai tangan ya sampai adonan abis dan tangan mulai terasa pegel..kalo udah mulai pegal2 istirahat mbloo. Nanti jadinya seperti mie panjang.
3.       Masukkan oven atau jemur dibawah sinar leser…eh matahari maksudnya..

Kalo udah kering simpan dah diember atau plastic. Terus kasih deh ke ternak kelinci kita, beberapa hari berselang kelinci malah mencret dan kembung. Ya.. gampang itumah..
silahkan beli aja obat kembung dan mencret kesaya..
harga sekian ribu…
transfer ke rek 2537487489
pengiriman via pos dan jne
jika sudah transfer silahkan konfirmasi ke no hp 000898764647
barang akan akami segera kirim..
wkwkwkkw…….
Lalu bikin pellet lagi tambahi dengan daun jambu sebagai anti mencret. Arang, garam dan probiotik.  Diaduk seperti awal dan diproses lagi. Kok pakek areng segala mau bikin pellet apa sate kelinci. Pakai garam juga gak sekalian ditambahi royco supaya rasa pellet lebih sedap. Hahah…..

 Memang sih ada sebagian yang radak pelit ilmu tentang perpeletan ini.. yaw wajar dah ..soalnya buat bikin pellet sesuai kebutuhan kelinci butuh trial dan error , dan ini membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan biaya berjuta2(katanya). Ya wajar kalo radak pelit ilmu..

Gua juga kalo mau nulis tutorial bikin pellet yang lengkap..sebulan juga kagak kelar2, emang prosesnya itu puanjang banget…kadang sebagian malah radak sussah untuk ditulis dan harus dipraktekkan langsung. Jadi sekarang gua ringkes aja deh.. gua kasih resepnya aja ya…

Baca Juga : Cara mengatasi kelinci yang terserang kelumpuhan


Sekarang ini semua peternak kelinci memang sudah pakai pellet, bukan karena malas atau engan mencari rumput,  tapi karena dengan pellet semua bisa dikontrol dengan mudah mulai dari kesehatan kelinci, populasi, bobot, harga pakan, harga jual dll. Yang pasti minimal semua pembaca blog ini bisa memiliki peneetahuan tentang pembuatan pellet kelinci, yang kemudian hari bisa menjadi bekal untuk terjun ke bisnis pellet.


Oke mbloo..

1.       Silahkan downl*ad filenya disini(jika linknya rusak..langsung aja downl*ad di group fb industri kelinci)
2.       Pasang aplikasi microsof excel di hpmu..downl*ad diplaystore
3.       Buka filenya
Jika ingin berkreasi, patuhi aturannya…tapi sebelum itu kalian harus tau dasar2 untuk membuat pellet kelinci baca di post membuat pellet kelinci

Silahkan berkomentar diblog(bukan di group facebook) jika ada yang belum paham..supaya tidak ada pertanyaan yang di ulang2…

Baca Juga : salah kaprah gedebog pisang untuk kelinci