Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA UNTUK TERNAK KELINCI BAGI PEMULA

BELAJAR BETERNAK  KELINCI-Jadi mbloo.....apakah kamu memutuskan untuk ternak kelinci, makhluk yang paling menggemaskan, berbulu halus dan imut. 

Tapi ada satu masalah, apakah kamu tahu mbloo… bagaimana untuk ternak kelinci..tidak usah khawatir, diblog ini tempatnya cara ternak kelinci yang paling baik. Ya meskipun harus banyak meluangkan waktu. 


Sedikit kesabaran dan hati yang selalu mencintai kelinci.

Pengetahuan dasar tentang kelinci adalah mengetahui habitnya dialam liar. Mengetahui makanan yang baik untuk mereka, untuk pakan beri rumput, hijauan, atau hay. Kelinci juga suka buah-buahan..tapi mendingan buat kita aja..

Beberapa pelaku ternak kelinci hanya focus pada pakan kelinci saja dan lupa bahwa air juga penting untuk kelangsungan ternak kelinci. 

Cara terbaik untuk memberikan air minum untuk kelinci adalah dengan botol minum kelinci, ganti air setiap hari, cuci botolnya jika diperlukan.




Tentang cara ternak kelinci bagi pemula yang lebih lengkap, sudah banyak sekali diblog ini. Silahkan obok-obok sendiri blog yang fenomenal ini. Blog ini adalah sebuah komunitas.


komunitas kelinci karesidenan madiun


visi kami adalah memajukan industri petenakan kelinci diseluruh indonesia..
semoga blog ini berguna bagi rekan rekan semuanya demi kemajuan kelinci pedaging di indonesia..


semoga blog ini berguna bagi rekan rekan semuanya demi kemajuan kelinci pedaging di indonesia..
Baca Juga : Otomatisasi kandang kelinci agar pekerjaan semakin mudah
Kami dulu mengawali ternak kelinci cuma modal nekad dan berani..berani langsung action tanpa didasari ilmu,keilmuan tentang kelinci…akhirnya kegagalan demi kegaalan kami alami,  kerugian  belasan juta harus kami derita.., 


dari kegagalan ini kami akhirnya belajar kesana kemari mencari ilmu, mencari dasar keilmuan kelinci…dan ketika akhirnya satu demi satu  jawaban  dari penyebab kegagalan  kami dapat..


kami  hanya tertawa dan geleng2 kepala…o.. jadi begitu… terkadang juga dibarengi  dengan penyesalan, kenapa tidak dari awal belajar keilmuan kelinci..dan ketika kami ingin memulai kembali, modal kami sudah habis diawal..jadi yang berjalan sekarang cuma budidaya kecil..


hanya beberapa ekor (hanya sedikit) bahkan tidak ada yang punya sama sekali karena harus dikonsep dari awal..sambil mengambil jenis bisnis lain yang suatu saat nanti akan membesarkan system budidaya kami…


Dari pengalaman ini, dari keilmuan yang kami dapat , kami share ketemen2 semuanya. Supaya panjenengan tidak mengalami  kerugian belasan juta  seperti yang kami alami..


Dengan mahalnya harga daging sapi jadi tidak mengherankan banyak orang yang mencari cara untuk ternak kelinci bagi pemula guna dimanfaatkan dagingnya. 

Tingkat produktivitas ternak kelinci dalam menghasilkan daging lebih tinggi dibandingkan dengan ternak sapi, berdasarkan pernyataan ENSMINGER et al. (1990), bahwa dari 1 unit kelinci yang terdiri dari 4 ekor induk dengan masa kehamilan 31 hari, 


akan menghasilkan 175 ekor kelinci muda dengan berat masing-masing 4 lb (1,82 kg), berarti 700 lb (317,73 kg) berat hidup dimana 58% dari berat tersebut akan diperoleh 400 lb (181,56 kg) daging selama 12 bulan,
sedangkan dari seekor ternak sapi dengan berat 1000 lb (453,9 kg) untuk memperoleh berat daging yang sama memerlukan waktu 18 bulan, karena masa bunting yang lebih lama (283 hari) dan jumlah anak perkelahiran hanya 1 ekor.

Dari data Cheeke and Patton (1979) menunjukkan bahwa dari 1 hektar alfafa dengan produksi 9.080 kg pakan, ternak kelinci dapat menghasilkan 1.814 kg daging, sedangkan domba 500 kg daging dan sapi 354 kg daging. 

Hal ini menunjukkan bahwa kelinci mempunyai potensi untuk menghasilkan daging 4 sampai 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan sapi potong dan domba.
Baca Juga : Tips menyuntik kelinci bagi pemula
Karena kelinci sangat baik tingkat adaptasinya, bisa dengan mudah beradaptasi didalam kandang, maka kita tidak perlu terlalu banyak lahan untuk ternak kelinci.



Daging kelinci rasanya enak juga gurih, daging kelinci juga hamper sama dengan daging ayam yaitu berwarna putih. 

Daging berwarna putih sangan baik untuk menyerap rasa dan aroma dari bumbu pada resep masakan kelinci. Asosiasi ternak kelinci di amerika bahkan memiliki resep untuk olahan kelinci dengan lebih dari 1000 resep didalamnya.
Baca Juga : Cara palpasi mendeteksi kelinci hamil