Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA SIMPLE MENGATASI KELINCI STRESS KARENA SUARA MERCON ATAU PTASAN

Setiap bulan puasa dan ketika menjelang lebaran pasti ada saja , ternak kelinci yang mati akibat stress karena suara ptasan. Mau bagaimana lagi, apa kita harus marah sama yang nyalain ptasan.??, tentulah tidak mungkin.!, 

hal yang penting tapi sering terabaikan oleh peternak adalah slogan “ GET INTO THE RABBIT HABIT”. Ya memang pelajaran ini yang paling sulit, pelajaran yang paling susah dan djilet…

ternak  kelinci didalam kandang tapi kita dituntut memodifikasi  pola hidupnya seperti dialam liar.

kelinci stress
Baca Juga : Abon kelinci yang enak


 Masih banyak yang beranggapan ternak  kelinci  harus dengan seuasana yang  tenang, agar ternak kelinci tidak mudah stress.. 

ya ini memang benar !! tapi suasana tenang itu bisa juga menjadi bencana pada ternak kelinci.

Kelinci dialam liar ketika ada predator,dia bisa lari dan sembunyi, nah ketika dikandang kelinci tidak bisa lari dan sembunyi, jika seperti itu ternak kelinci akan mudah menjadi stress..

maka tugas kita adalah menghilangkan predatornya. Yang dianggap predator oleh ternak  kelinci tidak hanya hewan pemangsanya saja (anjing, sriggala, dll). 

Tapi juga sesuatu yang dirasakan sebagai hal yang tidak biasa, sesuatu yang membahayakan jiwanya, sesuatu yang membuat tidak nyaman akan dianggap kelinci sebagai predator termasuk suara mercon dan petasan.

Baca Juga : Cara mencegah induk kelinci kanibal
 
Sebagai contoh, sebuah peternakan didaerah bandung,  dikaki gunung dan dipinggir hutan, suasana sangat sepi, lewat jam 12 siang sudah tidak ada suara manusia karena pekerja kebun sudah pada pulang. 

Suasana yang sangat tenang dan sepi inilah yang  membuat kondisi berbahaya buat kelinci, ada suara sedikit saja ternak kelinci langsung gerubak-gerubuk. Seluruh kandang bergetar, besoknya pasti ada yang mati.


Lalu disiasatilah dengan memasang radio di masing2 kandang, disetel keras2, 24 Jam non stop, sejak saat itu mau ada suara apapun  kelinci akan cuek2  saja. 

Dengan memasang radio keras2membuat suara2 yang tadingnya datang dianggap sebagai predator akan menjadi hilang karena sudah terbiasa, 

jadi jika ternak kelinci sudah terbiasa dengan suara bising, suara mercon atau ptasan pun tidak akan menjadi kendala.jadi kata kuncinya disini adalah “membiasakan” ternak kelinci.

Yang seperti ini kadang juga sering kita jumpai dipeternakan ayam potong.. memasang radio 24 jam non stop.
Baca Juga : Cara mengatasi induk kelinci yang tidak mau menyusui anakannya