Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGETAHUI PELET KELINCI YANG BERKUALITAS BAGUS UNTUK KELINCI PEDAGING

CARA MENGETAHUI PELET KELINCI YANG BERKUALITAS BAGUS UNTUK KELINCI PEDAGING- Kita sebagai pelaku ternak kelinci harus selektif dalam memilih pelet, apalagi jika kita belum mampu untuk memproduksi pelet sendiri.banyak sekali produsen pelet kelinci yang menawarkanpeletnya di facebook dan lain lain, kita sebagai peternak kelinci, harus selektif memeilih pelet kelinci.

Jangan asal murah, jangan asal doyan, jangan asal ternak kelinci suka, ternak kelinci

hanya makan pelet sedikit belum tentu kualitaspeletnya buruk, bisa jadi kadar kalorinya terlalu tinggi, 

ternak kelincimakan pelet banyak belum tentu juga kualitaspeletnya baik, bisa jadi kadar seratnya kebanyakan.. karena itu semua bisa dimodifikasi tergantung produsen peletnya.
PETERNAKAN KELINCI

Berikut ini tipsnya :


Lihat kandungan nutrisinya. Berapa jumlah protein, kadar serat

nya berapa? Lemak serta kalorinya juga, kadar kalori biasanya jarang dicantumkan. Kemudian langsung kita tes dikandang.

Rata2 bobot ternak kelinci umur 30 hari adalah 500 gram,  berarti PBB/ pertambahan berat badan apada saat menyusui adah 16 gram per hari, 

Baca Juga : bolehkah kelinci makan timun
ini adalah angka yang normal, silahkan dicek kalo bobot sapihanya rendah berate kualitas air susunya rendah, otomatis pakan/peletnya kualitasnya kurang bagus.

Kalau kualitas bobot sapihannya bagus maka pakanya berkualitas.
Tapi masalah air susu ini juga dipengaruhi banyak factor tidak hanya dari gizi pakan saja..

jika factor lain sudah ok, seperti dipost sebelumnya, maka cara ini bisa digunakan.
“ oom bagaimana jika anakankelincinya hanya 2 ekor , otomatiskan bobot sapihannya jadi waw sekali  ?”

Yen ngenekie ra usah takon, jawabane mesti y wes ngerti …

Cara yang kedua hitung FCR


Apa itu FCR?

FCR adalah feed convertion rasio atau rasio konversi pakan merupakan satuan untuk menghitung efisiensi pakan pada  budidaya pembesaran  dan pengemukan ternak kelinci.


Dengan menghitung FCR dari ternak kelinci pedaging akan sangat membantu kita didalam mengefisinsikan pakan yang akan kita gunakan. 

Hasil perhitungan FCR dengan angka yang lebih kecil berate pakan yang diberikan tersebut semakin bagus.

{Rumus menghitung FCR adalah jumlah pakan selama pemeliharaan ternak kelinci dibagi total bobot ternak kelinci yang dipanen.}


Contohnya : Kelinci dalam sehari mengkonsumsipelet sebaesar 200 gram, sebulan 30 x 200 = 6000 gram. PBB/ pertambahan berat badan = 1 kg atau 1000 gram, berate FCRnya adalah 6.jadi tinggal itung2an saja  6 kg pelet kelinci harganya berapa ? kelinci hidup per kg berapa ?



 Jelas dari hitungan ini kita rugi.. berate kalitas pelet ini tidak cocok digunakan untuk budidayakelinci potong.. saya tidak bilang buruk hanya saja kurang cocok untuk ternak kelinci potong…

Jadi yang brkecimpung di kelinci potong
silahkan dicek FCR kandang masing2 jika ternyata untung. Maka kualitaspeletnya bagus. Jika rugi ya sudah putusin aja dan segera pindah kelain hati.


KELINCI CHAGE YOUR LIFE


 Jadi mulai sekarang mualilah banyak belajar. Siapakan konsep yang sempurna Sebelum terjun di industi ternak kelinci.. biar gak nelongso – nelongso amat…..
Baca Juga : tips cara membuat pelet kelinci