Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TERNAK KELINCI PEDAGING TIDAK MENGENAL MASA ISTIRAHAT BERPRODUKSI

TERNAK KELINCI PEDAGING AKAN BERANAK TERUS MENERUS

Post ini menurut aya penting, ini kelanjutan dari post sebelumya, 10 alasan kenapa anda gagal dalam beternak kelinci. Sengaja saya pisah supaya mendapat perhatian serius dari para pembaca. 

karena melakukan system istirahat pada induk kelinci, peternakan saya akhirnya mengalamikebangkrutan luar biasa, suntik dana terus menerus, modalpun sampai habis.. dan hutang makain menumpuk.



ternak kelinci pedaging
Baca Juga : kesuksesan di industri kelinci

System yang dulu saya pakai adalah periode perkawinan per 3 bulan.  Dan masa istirahat 1 bulan.  1 bualan untuk hamil dan 2 bulan untuk menyusui, kemudian 1 bulan untuk masa istirahat. Jadi total lamanya adalah 4 bulan. \

Sekarang ini kita tidak brbicara tentang  untuk jual indukan tapi tentang masalah output ternak kelinci potong atau pedaging.

Dalam dunia ternak kelinci pedaging, tidak mengenal masa istirahat, karena memang dialamnya seperti itu. Jika kita melakukan hal itu sama saja kita  buang uang percuma. Kita ini usaha dan bukan memelihara seperti penghobies kelinci. 
Baca Juga : berbagi penyebab kelinci mengalami stress
Bayangkan !!! kalu seekor induk pada masa istirahat. Menghabiskan pakan 100 gram saja perhari dengan harga 5000 / kg maka perhari kita buang percuma uang sebesar 500 rp/ ekor/hari, berate selama sebualan  tidak kurang dari 15 000 rp/ekor/ bulan.berarti kalu ditambah biaya2 biaya yang  lain,, 

missal biaya anak kandang, obat- obatan , biaya penyusutan kandang, / saung   tidak kuarang dari 30 % dari biaya keseluruhan. Maka kurang lebih biaya terbuang sebesar 21000rp/ekor/ bulan.

Nah kalu kita punya 10 induk  berarti kita buang duit sebesar 210.000 per periode perkawinan.laha kalu seratus ekor, itung sendiri aja deh... belum lagi jika gagal hail dan hamil semu..tambah kerugian lagi..

Induk kelinci itu memang tidak perlu istirahat, karena system reproduksinya yang luar biasa.. pada post sebelumya kana sudah diterangkan tentang bagaimana kehebatan system reproduksi hewan ini tinggal kita saja mau memanfaatkannya atau tidak…
Baca Juga : silase pakan alternatif ternak kelinci